Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama

Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama
link : Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama

Baca juga


Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama

Ambon, Malukupost.com - Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan harta yang paling berharga adalah kesehatan, karena ini merupakan kebutuhan pokok manusia yang paling utama dan harus dijaga. "Memiliki kesehatan yang baik, kita bisa melakukan aktivitas apa saja, dan bukan saja pemerintah tetapi semua pihak berupaya menjaga kesehatan dengan baik," kata gubernur dalam kegiatan sosialisasi dengan tema kenali kanker payudara dan kanker thyroid di Ambon, Jumat (21/4).
Ambon, Malukupost.com - Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan harta yang paling berharga adalah kesehatan, karena ini merupakan kebutuhan pokok manusia yang paling utama dan harus dijaga.

"Memiliki kesehatan yang baik, kita bisa melakukan aktivitas apa saja, dan bukan saja pemerintah tetapi semua pihak berupaya menjaga kesehatan dengan baik," kata gubernur dalam kegiatan sosialisasi dengan tema kenali kanker payudara dan kanker thyroid di Ambon, Jumat (21/4).

Sosialisasi yang diselenggarakan Kaukus Perempuan Parlamen Maluku bekerja sama dengan sejumlah dokter spesialis bedah onkologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kartini 21 April 2017.

Menurut gubernur, wanita paling rentan terhadap serangan penyakit kanker payudara, kanker mulut rahim atau servicks, serta kanker thyroid atau gondok.

Data Dinas Kesehatan Maluku menyebutkan, penderita penyakit kanker payudara pada tahun 2014 sebanyak 59 kasus dan meningkat menjadi 62 kasus di tahun 2015, dan kembali turun menjadi 48 kasus pada tahun 2016, sehingga diharapkan dalam tahun ini bisa mengalami penurunan yang lebih signifikan.

Sedangkan penderita kanker mulut rahim pada tahun 2014 di Maluku sebanyak 43 kasus, tahun 2015 35 kasus dan tahun 2016 mengalami penurunan menjadi 35 kasus sehingga ada fluktuasi jumlah kasus di Maluku pada kedua jenis penyakit kanker ini.

"Untuk jenis kanker thyroid ada satu kasus yang terdeteksi pada satu balita yang baru lahir tahun 2016 setelah dilakukan scrining, sehingga kami minta perhatian serius Dinas Kesehatan untuk memperhatikan masalah perkembangan ketiga jenis penyakit ini," tandasnya.

Gubernur mengatakan, faktor gaya hidup, pola makan, serta faktor genetik atau keturunan menjadi alasan munculnya berbagai penyakit berbahaya, termasuk didalamnya masalah kebersihan lingkungan.

"Kita patut memberikan apresiasi yang tinggi kepada kaukus perempuan parlemen Maluku yang memeliki kepedulian terhadap masalah ini dan mendukung pemerintah daerah dalam mendorong program peningkatan derajat kesehatan masyarakat," ujar gubernur.

Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae mengatakan, kaukus perempuan parlemen Maluku yang diresmikan sejak 2014 oleh Ratu Kanjeng Hemas selaku ketua umum dimaksudkan untuk lebih memperkuat kepentingan perempuan dalam menjalankan tugas legislasinya dan memperkuat jejaring mereka dengan organisasi terkait.

Sehingga DPRD memberikan apresiasi positif atas penyelenggaraan sosialisasi kenali kanker payudara dan kanker thyroid yang dilakukan kaukus perempuan parlemen Maluku dengan tim dokter bedah onkologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta.

"Jenis kanker ini sangat mematikan bagi wanita setelah kanker mulut rahim sehingga setiap orang perlu mengikuti kegiatan seperti ini agar bisa mengetahui cara pencegahan dan pengobatan sejak dini," kata Edwin.

Pemprov memang sudah berupaya membangun sarana dan prasarana bidang kesehatan meski pun masih perlu ditingkatkan lagi dan tersebar di seluruh kabupaten/kota guna menunjang program peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Ketua kaukus perempuan parlamen Maluku, Ayu Hindun Hasanussy menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan dinas kesehatan provinsi dan memeriksa 700 perempuan di daerah ini pada Desember 2016.

"Hasil pemeriksaan tersebut didapati sekitar 40 kaum perempuan mengidap gejala kanker payudara sehingga digelar kegiatan sosialisasi yang melibatkan dokter bedah ontologi dari Jakarta," katanya.

Penyakit seperti ini belum diketahui pasti apa penyebabnya, tetapi perlu diberikan pemahaman akan bahayanya agar wanita tidak mati sia-sia. (MP-6)


Demikianlah Artikel Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama

Sekianlah artikel Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gubernur Maluku: Kesehatan Kebutuhan Pokok Paling Utama dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2017/04/gubernur-maluku-kesehatan-kebutuhan.html

Subscribe to receive free email updates: