Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI

Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI
link : Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI

Baca juga


Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono memimpin peringatan Hari Armada RI tahun 2016 yang dipusatkan di markas komando Lantamal Ambon.
Ambon, Malukupost.com: Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono memimpin peringatan Hari Armada RI tahun 2016 yang dipusatkan di markas komando Lantamal Ambon.

Siaran pers Dispen Lantamal Ambon yang diterima di Ambon, Selasa (6/12), mengatakan, upacara peringatan yang dihadiri pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI. Doni Monardo, Kapolda Maluku, Brigjen Pol. Ilham Salahudin diselenggarakan, Senin(5/12).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi dalam sambutan tertulis dibacakan Danlantamal IX, Nur Singgih mengingatkan bahwa peringatan tersebut tidak sekedar seremonial tetapi mengingatkan seluruh komponen bangsa tentang sejarah berdirinya armada RI serta pengabdian yang telah ditunaikan, terutama menyebarkan pengaruh dan melindungi kepentingan nasional.

Menurut Kasal, sampai dengan saat ini armada RI tetap menjadi sarana utama pencapaian tugas dan peran universal TNI Angkatan Laut dan sejatinya merupakan integrasi atau perpaduan empat elemen utama yakni kapal perang, pesawat udara serta Marinir dan pangkalan.

Melihat konstelasi geografis Indonesia, TNI Angkatan Laut telah menetapkan dua komando Armada RI Kawasan sebagai komando utama operasi, di mana selaku komando utama operasi (Kotamaops), Komando Armada RI bertugas menyelenggarakan operasi intelijen maritim dan operasi laut dalam rangka peran serta selain perang di wilayahnya sesuai dengan kebijakan Panglima TNI.

Saat ini, ujar Kasal, upaya peningkatan efektivitas operasi komando Armada RI memperoleh hasil signifikan dengan semakin singkatnya waktu penindakan dan turunnya angka kasus terutama di Selat Malaka dan Selat Singapura.

"Komando Armada RI kawasan juga bertugas melaksanakan pembinaan kemampuan dan kekuatan sistem senjata Armada RI terpadu (SSAT), kemampuan peperangan laut, kesiapan operasional dan pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan. Kunci pembinaan sesungguhnya berada pada sumber daya manusia sebagai pengawak organisasi," tandas Kasal.

Kasal juga mengingatkan prajurit TNI AL untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan sebagai landasan pelaksanaan tugas dan membina kehidupan keluarga, meningkatkan profesionalisme dan naluri tempur melalui latihan dan operasi demi tercapainya kesiapan operasional satuan.

Selain itu menciptakan inovasi dalam satuan kerja guna terciptanya lingkungan kerja dinamis dan berprestasi serta menjaga soliditas TNI, Polri dan masyarakat terutama pada situasi rawan seperti Pilkada yang rentan provokasi dan konflik horizontal.

Peringatan Hari Armada RI juga dimeriahkan dengan peragaan tari Tameng Salawaku yang merupakan tarian khas Negeri Pelauw, kecamatan Haruku, Maluku Tengah.

Tarian adat ini sudah ada sejak zaman Hindia Belanda dan menggambarkan tentang seorang prajurit perang siap membela Negeri Pelauw dan tokoh agama serta penghulu adat yang selalu mendoakan masyarakat dan pimpinan negeri tersebut.

Peringatan hari Armada diikuti personil TNI, Polri, Basarnas, Bakamla dan KPLP serta siswa Sekolah Usaha Perikanan Maluku (SUPM) Waiheru Ambon, juga dihadiri Danlanud Pattimura Kolonel Pnb. Aldrin P. Mongan serta sejumlah raja dari negeri - negeri yang berada di sekitar Mako Lantamal IX Ambon.


Demikianlah Artikel Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI

Sekianlah artikel Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Danlantamal Ambon Pimpin Peringatan Hari Armada RI dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2016/12/danlantamal-ambon-pimpin-peringatan.html

Subscribe to receive free email updates: