Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan

Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan
link : Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan

Baca juga


Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan

Saumlaki, Malukupost.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) melalui dinas kesehatan setempat terus berupaya memenuhi kebutuhan tenaga bidan di daerah itu. Kepala Dinkes MTB Juliana Chatarina Ratuanak dikonfirmasi di Saumlaki, Jumat (9/12), mengatakan, hingga saat ini pemenuhan terhadap kekurangan tenaga bidan di desa dan puskesmas terus dilakukan. "Upaya itu termasuk rencana penambahan bidan dan perawat ANC yang akan ditempatkan di desa-desa, yang hingga kini masih terjadi kekosongan," katanya.
Saumlaki, Malukupost.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) melalui dinas kesehatan setempat terus berupaya memenuhi kebutuhan tenaga bidan di daerah itu.

Kepala Dinkes MTB Juliana Chatarina Ratuanak dikonfirmasi di Saumlaki, Jumat (9/12), mengatakan, hingga saat ini pemenuhan terhadap kekurangan tenaga bidan di desa dan puskesmas terus dilakukan.

"Upaya itu termasuk rencana penambahan bidan dan perawat ANC yang akan ditempatkan di desa-desa, yang hingga kini masih terjadi kekosongan," katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini bidan yang tersebar di desa-desa ada 32 orang, di antaranya 15 bidan pegawai tidak tetap (PTT) yang diangkat oleh Kementerian Kesehatan.

"Jumlah bidan yang ada itu tentu masih kurang bila dibandingkan dengan jumlah desa di MTB yang sebanyak 81," katanya.

Sehubungan dengan itu, Dinkes MTB mengoptimalkan tenaga bidan yang ada dengan membekali mereka keterampilan tambahan melalui pembinaan, dan pendampingan oleh bidan dari puskemas induk.

Selain itu, mengerahkan bidan KIT atau tenaga bidan yang dilengkapi dengan peralatan medis, khususnya alat-alat emergensi, untuk memberikan bantuan resusitasi dasar terkait kasus-kasus persalinan yang kemungkinan harus melalui cara darurat dan perlu ditindaklanjuti.

"Akhir tahun ini diharapkan semuanya sudah tersebar di semua wilayah," katanya.

Juliana juga mengatakan pihaknya belum ini melatih sejumlah perawat untuk melaksanakan tugas-tugas kebidanan di desa yang belum memiliki bidan.

Perawat yang diberi pelatihan kebidanan itu disebut ANC, jumlahnya 48 orang dan ditugaskan di berbagai desa.

"Kita melatih mereka menjadi perawat ANC yang mampu melakukan pemeriksaan kehamilan. Untuk kondisi darurat, mereka juga mampu melakukan pertolongan persalinan atau bisa mengambil fungsi bidan dalam kasus normal," katanya.

Ia menambahkan, Dinkes MTB juga akan merekrut 81 tenaga kesehatan yang terdiri dari 40 bidan, sisanya perawat dan tenaga strategis lainnya.

Langkah tersebut dilakukan sambil menunggu kebijakan pemerintah pusat mengenai batas akhir moratorium pengangkatan PNS di daerah.

"Jika moratorium dicabut, maka Pemkab MTB bakal mengikutsertakan sejumlah tenaga honor dalam proses seleksi," katanya. (MP-4)


Demikianlah Artikel Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan

Sekianlah artikel Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Dinkes MTB Berupaya Penuhi Tenaga Bidan dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2016/12/dinkes-mtb-berupaya-penuhi-tenaga-bidan.html

Subscribe to receive free email updates: