Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD

Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD
link : Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD

Baca juga


Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD

Ambon, Malukupost.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku sudah seharusnya menyusun sebuah strategi besar ke depan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pengelolaan badan usaha milik daerah (BUMD) yang ada. "Tidak seharusnya pendapatan daerah hanya mengandalkan bantuan dana perimbangan serta APBD saja," kata anggota DPRD Maluku, Habiba Pellu di Ambon, Jumat (9/12). Posisi pendapatan Maluku 2017 menurun dan mestinya ada strategi baru yang dimainkan pemda sehingga tidak ada ketergantungan ansih pada dua hal pokok yaitu dana perimbangan serta APBD.
Ambon, Malukupost.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku sudah seharusnya menyusun sebuah strategi besar ke depan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pengelolaan badan usaha milik daerah (BUMD) yang ada.

"Tidak seharusnya pendapatan daerah hanya mengandalkan bantuan dana perimbangan serta APBD saja," kata anggota DPRD Maluku, Habiba Pellu di Ambon, Jumat (9/12).

Posisi pendapatan Maluku 2017 menurun dan mestinya ada strategi baru yang dimainkan pemda sehingga tidak ada ketergantungan ansih pada dua hal pokok yaitu dana perimbangan serta APBD.

Maka strategi yang perlu dipikirkan pemda adalah salah satunya menghadirkan investor ke Maluku.

"Investor siap datang ke sini, yang penting pintu perizinan dibuka dan dipermudah kemudian didorong, kalau tidak dikhawatirkan pendapatan daerah tahun 2018 akan colaps," tandasnya.

Menurut dia, pengkajian mekanisme pajak dan retribusi daerah untuk target grup baru serta sumber-sumber pajak dan retribusi daerah sesuai ketentuan perundang-undangan harus dijelaskan yang baru itu apa dan apakah ada inovasi baru atau tidak.

Badan Penamanan Modal sekarang sudah beralih status menjadi dinas lalu Biro Ekonomi dan Investasi sebagai domin kedua kebijakan ini harus disuntik.

"Postur anggaran kita sesungguhnya pincang sehingga ke depannya harus dibicarakan secara baik dan ada strategi lain untuk meningkatkan pajak kita," ujar Habiba Pelu.

Upaya pengelolaan BUMD melakukan revitalisasi dan pembinaan, tapi tidak diikuti dengan sebuah godwill maka tidak akan ada perubahan.

Contohnya PT. Dok dan Perkapalan Wayame hanya memberikan sumbangsih PAD Rp50 juta.

"Ini harus dipikirkan karena kita memasang target tetapi kinerjanya tidak diransang atau tidak ada inovasi baru maka kondisinya tetap seperti begitu," katanya.

Kalau BUMD dihidupkan dan menjadi domain daerah maka caranya harus dibuat.

PT. Dok dan Perkapalan Surabaya itu bagaimana posisinya sampai sekarang dengan PT. Dok dan perkapalan Wayame Ambon, apalagi ada itikad baik dari PT. Dok wayame untuk pelebaran sleep way kenapa itu tidak digenjot," tegasnya.

Mestinya yang dikasih target itu tinggi maka kinerjanya juga didorong dan kalau mau revitalisasi pengurusan maka harus dilakukan dari sekarang," jelas Habiba Pellu.

Pansus PT. Bank Maluku-Malut bentukan DPRD provinsi telah mengeluarkan rekomendasi yang salah satu merekomendasikan pembentukan perda untuk kinerja evaluasi BUMD.

Sehingga perda ini akan diusulkan komisi C sebagai perda inisiatif dan nantinya diterapkan. (MP-4)


Demikianlah Artikel Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD

Sekianlah artikel Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pemprov Maluku Harus Punya Strategi Besar Tingkatkan PAD dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2016/12/pemprov-maluku-harus-punya-strategi.html

Subscribe to receive free email updates: