Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku

Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku
link : Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku

Baca juga


Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku

“Beta Indonesia Beta Bangga Jadi bangsa Maritim”

Ambon, Malukupost.com - Tak terbantahkan bahwa Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia karena wilayah laut yang lebih luas dari daratan. Jauh sebelum merdeka, nenek moyang bangsa Indonesia sudah berjaya di laut. Dengan kemampuan yang terbatas, laut menjadi bagian dari kehidupan. Laut menjadi primadona karena mereka bangga dengan laut yang menjanjikan kehidupan bagi generasi secara berkelanjutan. Untuk itu, dalam Jambore Nasional Pemuda Maritim yang akan berlangsung mulai dari tanggal 25-28 April mendatang di bumi raja-raja Maluku, DPD KNPI Maluku mengusung take line “Beta Indonesia Beta Bangga Jadi Bangsa Maritim” hal ini disampaikan Sekretaris DPD KNPI setempat, Anderson Palinussa di Ambon, Senin (24/4).
Ambon, Malukupost.com - Tak terbantahkan bahwa Indonesia adalah negara maritim terbesar di dunia karena wilayah laut yang lebih luas dari daratan. Jauh sebelum merdeka, nenek moyang bangsa Indonesia sudah berjaya di laut. Dengan kemampuan yang terbatas, laut menjadi bagian dari kehidupan. Laut menjadi primadona karena mereka bangga dengan laut yang menjanjikan kehidupan bagi generasi secara berkelanjutan.

Untuk itu, dalam Jambore Nasional Pemuda Maritim yang akan berlangsung mulai dari tanggal 25-28 April mendatang di bumi raja-raja Maluku, DPD KNPI Maluku mengusung take lineBeta Indonesia Beta Bangga Jadi Bangsa Maritim” hal ini disampaikan Sekretaris DPD KNPI setempat, Anderson Palinussa di Ambon, Senin (24/4).

Menurut Palinussa, take line tersebut sejalan dengan program nawacita dari Presiden Joko Widodo, terkait kemaritiman yang diharapkan bisa menjadi take line nasional. Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis yang diwujudkan untuk menjamin konektifitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim.

“Penegakan kedaulatan wilayah laut NKRI, revitalisasi sektor-sektor ekonomi kelautan, penguatan dan pengembangan konektivitas maritim, rehabilitasi kerusakan lingkungan dan konservasi biodiversity, serta peningkatan kualitas dan kuantitas SDM kelautan, merupakan program-program utama dalam pemerintahan Presiden Jokowi guna mewujudkan Indonesia sebagai proros maritim dunia,”ungkapnya.

Palinussa katakan, dalam pelaksanaan Jambore Nasional Pemuda Maritim akan digagas terkait  perjuangan provinsi kepulauan oleh 8 provinsi, termasuk Maluku, guna mendapat serius dari pemerintah pusat.

Sementara Ketua Panitia Jambore Nasional Pemuda Maritim Fredy Latuheru mengungkapkan take lineBeta Indonesia Beta Bangga Jadi Bangsa Maritim” mendapat respon positif dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Menteri Koordinasi Kemaritiman (Menkomaritim) RI Luhut Pandjaitan.

Dijelaskan Latuheru, ada tujuan dari kegiatan ini yaitu membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara maritim. Yang didalamnya ada delapan provinsi kepulauan, termasuk Maluku yang berkarakteristik Kemaritiman yang bisa ditetapkan sebagai poros maritim Indonesia, serta mewujudkan delapan provinsi sebagai provinsi kepulauan yang diakui oleh Pemerintah pusat (Pempus).

“Sampai saat ini provinsi kepulauan masih menjadi sebuah wacana, mudah-mudahan melalui kegiatan ini wacana tersebut bisa terealisasi dalam bentuk undang-undang,” tukasnya.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bisa menjadi referensi ilmiah yang akan disampaikan kepada pempus, terkait perkembangan 8 provinsi kepulauan yang paling khusus adalah Maluku. sehingga dalam pengucuran Dana Alokasi Umum (DAU), laut juga bisa diperhitungkan, bukan hanya daratan dan jumlah penduduk.

Secara detail dikatakan, Jambore Nasional Pemuda Maritim akan dibuka secara langsung oleh Mentari Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi, yang akan dihadiri 500 orang dari Pengurus DPP KNPI, Pengurus DPD I dan DPD II KNPI se-Indonesia.

Dijelaskan, acara puncak akan berlangsung pada tanggal 25 April di Islamic Center, dan pada tanggal 26 peserta menuju Kota Tual dan Kabupaten untuk mengikuti kegiatan lanjutan dan pada tanggal 28 peserta kembali menuju Banda, untuk meninjau tempat pengasingan Bung Hatta, serta mempromosikan Banda sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). Mengingat laut banda merupakan tempat mangkal ikan.

Selain itu, Korwil GMKI Maluku Lodwik Soisa mewakili OKP Cipayung berharap kegiatan nasional ini bisa bermanfaat bagi daerah dan mendukung program Presiden RI Joko Widodo dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dan terkhususnya dapat mewujudkan Maluku sebagai poros Maritim Indonesia.

“Saya berharap seluruh elemen masyarakat Maluku turut menyukseskan kegiatan ini, sehingga ada kesan baik yang dibawa pulang peserta ke daerahnya masing-masing,”harapnya. (MP-7)


Demikianlah Artikel Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku

Sekianlah artikel Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ini Take Line Jambore Nasional Pemuda Maritim Di Maluku dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2017/04/ini-take-line-jambore-nasional-pemuda.html

Subscribe to receive free email updates: