Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak

Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak
link : Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak

Baca juga


Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak

Ambon, Malukupost.com - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menyatakan perdamaian tidak bisa tercipta tanpa proses yang melibatkan seluruh komponen masyarakat bersama aparat TNI/Polri. "Proses perdamaian untuk menyelesaikan masalah konflik di Maluku dan Maluku Utara tidak bisa hanya melalui pendekatan keamanan, tetapi juga melalui pendekatan adat istiadat," kata Pangdam Doni dalam acara Komunikasi Sosial Media Massa, di Ambon, Rabu (19/4).
Ambon, Malukupost.com - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menyatakan perdamaian tidak bisa tercipta tanpa proses yang melibatkan seluruh komponen masyarakat bersama aparat TNI/Polri.

"Proses perdamaian untuk menyelesaikan masalah konflik di Maluku dan Maluku Utara tidak bisa hanya melalui pendekatan keamanan, tetapi juga melalui pendekatan adat istiadat," kata Pangdam Doni dalam acara Komunikasi Sosial Media Massa, di Ambon, Rabu (19/4).

Menurut dia, keberhasilan penyelesaian konflik horisontal di Maluku telah menarik perhatian negara-negara lain.

Ia merujuk pemerintah Myanmar yang mengirimkan utusan untuk belajar proses perdamaian di daerah ini.

"Pemerintah Myanmar melihat bahwa ada sesuatu yang tidak didapatkan di daerah lain di Indonesia, bahkan mungkin di negara lain, sehingga Maluku menjadi tempat pembelajaran untuk proses perdamaian," katanya.

Pangdam Doni mengakui bahwa dalam proses pendekatan keamanan ada juga aparat yang diadili di tengah masyarakat, tetapi pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk menempatkan diri sesuai dengan kondisi yang ada.

"Banyak pekerjaan yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab TNI, tetapi kami berusaha membantu pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota untuk menyelesaikannya," ujarnya.

Pangdam Doni mengungkapkan, dalam upaya penyelesaian konflik di masyarakat, pihaknya juga memberikan bantuan kepada pihak kepolisian dan pihak lain.

Ia menegaskan, sesuai ketentuan, tentara saat ini dibatasi ruang geraknya, artinya tentara harus tunduk kepada hukum atau aturan yang telah digariskan. Tentara tidak boleh berpolitik praktis dan berbisnis.

Ada hal-hal yang harus dipatuhi tentara, sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, di mana tugas pokok tentara adalah menjaga keutuhan wilayah, menegakkan kedaulatan nasional dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Pangdam Doni menambahkan, dalam tugas-tugas operasi untuk perang dan tugas operasi militer selain perang, pihaknya berusaha membuat formulasi apa yang bisa dikerjakan sesuai dengan situasi yang ada di Maluku.

"Di kawasan pascakonflik ada residu separatis, ada residu teroris, ada residu konflik komunal, semua itu sangat kompleks," katanya.

Menurut dia, tanpa formulasi yang tepat, mungkin tentara kewalahan. Apalagi ada tuduhan bahwa tentara menjadi bagian dalam peristiwa masa lalu, terutama yang terkait dengan konflik komunal.

"Pendapat-pendapat itu tidak bisa kami bantah karena ada satu dua oknum, tetapi bukan institusi. Tetapi tidak ada gunanya juga berdebat untuk membenarkan apa yang disampaikan oleh publik," ujar Pangdam Doni.

"Karena itu, kami berusaha membuat sesuatu yang pada akhirnya bisa menyadarkan orang," tambahnya. (MP-4)


Demikianlah Artikel Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak

Sekianlah artikel Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pangdam XVI: Perdamaian Tercipta Berkat Dukungan Semua Pihak dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2017/04/pangdam-xvi-perdamaian-tercipta-berkat.html

Subscribe to receive free email updates: