Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen

Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen
link : Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen

Baca juga


Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen

Ambon, Malukupost.com - Survei topografi di lapangan untuk proyek studi kelayakan pembangunan Bandara Arara di Kabupaten Maluku Tengah dilakukan setelah pencairan dana proyek termin tiga dan empat sudah direalisasikan pada 18 Desember 2015. "Kalau seluruh dana proyek sudah dicairkan 100 pada 18 Desember 2015, lalu untuk apa saksi melakukan survei topografi lagi pada Januari 2016," kata majelis hakim tipikor pada Kantor Pengadilan Negeri Ambon diketuai Jimmy Wally dan didampingi Samsidar Nawawi serta Bernard Panjaitan di Ambon, Selasa (18/4).
Ambon, Malukupost.com - Survei topografi di lapangan untuk proyek studi kelayakan pembangunan Bandara Arara di Kabupaten Maluku Tengah dilakukan setelah pencairan dana proyek termin tiga dan empat sudah direalisasikan pada 18 Desember 2015.

"Kalau seluruh dana proyek sudah dicairkan 100 pada 18 Desember 2015, lalu untuk apa saksi melakukan survei topografi lagi pada Januari 2016," kata majelis hakim tipikor pada Kantor Pengadilan Negeri Ambon diketuai Jimmy Wally dan didampingi Samsidar Nawawi serta Bernard Panjaitan di Ambon, Selasa (18/4).

Pertanyaan majelis hakim disampaikan dalam sidang lanjutan pemeriksaan tiga saksi kasus dugaan korupsi dana studi kelayakan pembangunan Bandara Arara dengan tersangka Benjamin Gaspersz, John Rante, Endang Saptawati, dan Widodo Budi Santoso alias Santo.

Tiga saksi yang dimintai keterangan adalah Endro Suhendra dan rekannya Anang Sumaryanto yang merupakan staf PT. Bennatin Surya Cipta, serta Sely Takaria yang merupakan Kasubag Keuangan Dinas Perhubungan Maluku.

Saksi Endro Suhendra mengaku kalau dirinya diminta terdakwa Endang Saptawati untuk melakukan survei topografi di Seram Utara pada Januari 2016, dan saksi dibantu dua orang dari perusahaan.

"Saya diminta terdakwa Endang menghubungi terdakwa Santo untuk diberikan tiga titik koordinat yang akan menjadi target survei topografi dan pemetaan, sehingga kegiatan ini kami lakukan selama tiga minggu," jelas Endro.

Namun saksi mengaku tidak pernah melihat kontrak kerja yang dipegang terdakwa tetapi hanya diberikan arahan untuk melaksanakan survei topografi pada tiga titik koordinat.

Saksi Anang juga mengakui kalau realisasi pencarian anggaran proyek termin ke tiga dan empat telah selesai dilakukan pada tanggal 18 Desember 2015, dan ini menandakan pekerjaan proyek studi tersebut telah rampung.

Dia mengetahui pencairan anggaran sudah rampung 100 persen karena PT. BSC yang bendera perusahaannya dipinjam Santo dalam proses lelang/tender proyek studi kelayakan pembangunan bandara Arara telah mendapatkan jatah.

Kasubag Keuangan Dishub Maluku, Sely Takaria mengatakan, dirinya ditugaskan melakukan verifikasi berbagai dokumen yang diajukan PPTK dan rekanan melalui bendahara untuk proses pencairan termin pertama sampai selesai.

"Semua berkas dokumen yang masuk kami verifikasi, meski tidak lihat isinya dan hanya memeriksa kesimpulan tetapi sudah dinyatakan lengkap sehingga dilanjutkan dengan penandatanganan SPP dan SPM sampai dananya cair," akui saksi.

Dishub juga menyediakan dana pendukung untuk pembayaran honor kelompok kerja, biaya lelang/tender, dan biaya perjalanan dinas bagi pejabat eselon II. (MP-6)


Demikianlah Artikel Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen

Sekianlah artikel Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Saksi Akui Survei Topografi Dilakukan Usai Pencairan 100 Persen dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2017/04/saksi-akui-survei-topografi-dilakukan.html

Subscribe to receive free email updates: