PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen

PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen
link : PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen

Baca juga


PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen

Ambon, Malukupost.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) daerah ini pada triwulan IV tahun 2017 tumbuh 5,81 persen, bila dibandingkan pada triwulan III tahun yang sama. "Perekonomian Maluku tahun 2017 yang diukur berdasarkan PDRB atas dasar harga berlaku mencapai Rp10,41 triliun, dan atas harga konstan 2010 mencapai Rp7,20 triliun," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Dumangar Hutauruk di Ambon, Senin (5/2).
Ambon, Malukupost.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) daerah ini pada triwulan IV tahun 2017 tumbuh 5,81 persen, bila dibandingkan pada triwulan III tahun yang sama.

"Perekonomian Maluku tahun 2017 yang diukur berdasarkan PDRB atas dasar harga berlaku mencapai Rp10,41 triliun, dan atas harga konstan 2010 mencapai Rp7,20 triliun," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku Dumangar Hutauruk di Ambon, Senin (5/2).

Ekonomi Maluku triwulan IV-2017 (c-to-c) tumbuh 5,81 persen, dari sisi produksi pertumbuhan didorong hampir semua lapangan usaha kecuali pengadaan listrik dan gas yang mengalami kontraksi sebesar 2,48 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran terutama didorong oleh komponen komsumsi rumah tangga yang tumbuh sebesar 5,43 persen.

Ekonomi Maluku triwulan IV-2017 tumbuh 5,11 persen (y-on-y). Dari sisi produksi pertumbuhan didorong hampir oleh semua lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha konstruksi yang tumbuh 7,60 persen.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh konsumen impor luar negeri yang tumbuh sebesar 10,05 persen.

Dumangar mengatakan, ekonomi Maluku triwulan IV-2017 meningkat sebesar 2,61 persen, (q-to-q). Dari sisi produksi pertumbuhan tertinggi pada lapangan usaha pengadaan listrik dan gas sebesar 7,50 persen, sementara dari sisi pengeluaran dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi pemerintah sebesar 5,92 persen.

Dumangar menambahkan, struktur PDRB Provinsi Maluku menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku pada triwulan IV-2017 tidak menunjukan perubahan yang berarti.

Lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan, lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib, dan lapangan usaha perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil, sepeda motor mendominasi PDRB Provinsi Maluku di triwulan IV-2017. (MP-5)


Demikianlah Artikel PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen

Sekianlah artikel PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel PDRB Maluku Tumbuh 5,81 Persen dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2018/02/pdrb-maluku-tumbuh-581-persen.html

Subscribe to receive free email updates: