Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional

Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional
link : Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional

Baca juga


Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional

Ambon, Malukupost.com - Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku mencatat pertumbuhan industri manufaktur besar sedang (IBS) dan industri mikro kecil (IMK) triwulan IV tahun 2017 sebesar 0,16 persen tumbuh di atas pertumbuhan IMK Nasional. "Produksi industri mikro kecil (IMK) Provinsi Maluku periode Oktober-Desember 2017 naik 0,16 persen dibanding periode Juli-September 2017," kata Kepala BPS Provinsi Maluku, Dumangar Hutauruk di Ambon, Jumat (2/2). Secara kumulatif sampai dengan bulan Desember 2017, lanjutnya, produksi IMK Provinsi Maluku meningkat 17,61 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
Ambon, Malukupost.com - Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku mencatat pertumbuhan industri manufaktur besar sedang (IBS) dan industri mikro kecil (IMK) triwulan IV tahun 2017 sebesar 0,16 persen tumbuh di atas pertumbuhan IMK Nasional.

"Produksi industri mikro kecil (IMK) Provinsi Maluku periode Oktober-Desember 2017 naik 0,16 persen dibanding periode Juli-September 2017," kata Kepala BPS Provinsi Maluku, Dumangar Hutauruk di Ambon, Jumat (2/2).

Secara kumulatif sampai dengan bulan Desember 2017, lanjutnya, produksi IMK Provinsi Maluku meningkat 17,61 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dia menjelaskan, pertumbuhan positif ini ditunjang oleh pertumbuhan produksi di industri makanan, minuman, barang galian bukan logam,, tekstil (tenun) kayu dan barang daru kayu, percetakan dan barang dari kayu, percetakan bahan kimia dan barang dari bahan kimia (minyak kayu putih).

Menurutnya, selama 2017 beberapa IMK yang mengalami pertumbuhan negatif adalah industri furnitur, barang logam bukan mesin , karet dan barang dari karet alat angkutan lainnya, pakian jadi dan industri pengolahan lainnya.

Industri besar dan sedang Provinsi Maluku Mengalami pertumbuhan positif pada triwulan IV 2017 sebesar 1,74 persen dibanding triwulan sebelumnya , dan turun 0,78 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dumangar mengatakan, sektor industri nasional mengalami pertumbuhan negatif dibanding triwulan sebelumnya baik pada skala mikro kecil maupun skala besar sedang. Secara y-on-y, IBS dan IBK nasional tumbuh positif.

"Sektor industri manufaktur mempunyai sumbangan cukup signifikan dalam menggerakan perekonomian dengan kemampuan menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan nilai tambah dari input/bahan dasar," katanya.

Berdasarkan jumlah tenaga kerja, lanjutnya,industri manufaktur dikelompokan menjadi industri mikro (1-4 orang tenaga kerja), industri kecil (5-19 orang tenaga kerja), industri sedang (20-99 orang tenaga kerja), dan industri besar (100 orang atau lebih).

Dia menbgatakan, berdasarkan sensus ekonomi tahun 2016 jumlah usaha atau industri manufaktur mencapai 24,9 persen dari total usaha/perusahaan non pertanian di Maluku.

Dari jumlah tersebut 99,8 persennya adalah kelompok industri mikro dan kecil, adapun tenaga kerja yang diserap olegh usaha/perusahaan IMK kurang lebih 20 persen dari total tenaga kerja di sektor non pertanian di Provinsi Maluku.

Dumangar menambahkan, mulai triwulan II Tahun 2011, BPS secara rutin telah merilis data pertumbuhan produksi industri manufaktur mikro dan kecil triwulan. Data ini diperoleh dari hasil survei industri mikro dan kecil triwulan, yang dilaksanakan mulai tahun 2011 dan tersebar diseluruh provinsi di Indonesia. (MP-4)


Demikianlah Artikel Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional

Sekianlah artikel Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pertumbuhan IBS-IMK Maluku Di Atas Nasional dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2018/02/pertumbuhan-ibs-imk-maluku-di-atas.html

Subscribe to receive free email updates: