Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan

Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan
link : Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan

Baca juga


Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan

Rentanubun : “Gereja harus menjadi tanda keselamatan dan damai bagi umat”


Langgur, Malukupost.com - Setelah melalui perjalanan dan proses yang panjang, Gereja Maranatha Jemaat GPM Ohoirenan akhirnya diresmikan dan ditahbiskan oleh Ketua MPH Sinode GPM, Minggu (18/12). Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun, dalam sambutannya mengatakan, perjalanan panjang terbentuknya Gereja Protestan Maluku (GPM) di Ambon pada tahun 1605 menandakan kehidupan kekristenan di Maluku telah tumbuh subur dan berbuah banyak. “Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa pembentukannya, dan sejarah Gereja Protestan Maluku mencatat bahwa sempat terjadi kekosongan pelayanan dalam kurun waktu yang cukup lama,” ujarnya. Menurut Rentanubun, sejak dahulu kala, kekristenan di Maluku tetap terpelihara oleh guru-guru, dan kini guru-guru itu meneruskan kegiatan yang biasa di gereja dan sekolah-sekolah. Pendidikan mereka tidaklah memadai, namun demikian, diantara mereka ada orang-orang yang memimpin jemaat atau yang sering disebut guru jemaat.
Langgur, Malukupost.com - Setelah melalui perjalanan dan proses yang panjang, Gereja Maranatha Jemaat GPM Ohoirenan akhirnya diresmikan dan ditahbiskan oleh Ketua MPH Sinode GPM, Minggu (18/12).

Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun, dalam sambutannya mengatakan, perjalanan panjang terbentuknya Gereja Protestan Maluku (GPM) di Ambon pada tahun 1605 menandakan kehidupan kekristenan di Maluku telah tumbuh subur dan berbuah banyak.

“Banyak sekali peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa pembentukannya, dan sejarah Gereja Protestan Maluku mencatat bahwa sempat terjadi kekosongan pelayanan dalam kurun waktu yang cukup lama,” ujarnya.

Menurut Rentanubun, sejak dahulu kala, kekristenan di Maluku tetap terpelihara oleh guru-guru, dan kini guru-guru itu meneruskan kegiatan yang biasa di gereja dan sekolah-sekolah. Pendidikan mereka tidaklah memadai, namun demikian, diantara mereka ada orang-orang yang memimpin jemaat atau yang sering disebut guru jemaat.

“Guru-guru ini menyampaikan khotbah yang mereka susun secara sederhana dan layak disebut sebagai pendeta pada waktu itu,” ungkapnya.

Rentanubun mengungkapkan, kondisi dahulu sudah jauh berbeda dengan kondisi saat ini, dimana Gereja Protestan Maluku telah berhasil melahirkan banyak sekali pendeta pelayanan jemaat, sudah banyak umat kristen yang terlayani oleh mereka.

“Saya ingin sampaikan bahwa Gereja Protestan Maluku jangan sampai melupakan arti pentingnya guru agama, karena sejarah telah membuktikan disaat ketiadaan pendeta, guru agama berperan sungguh luar biasa,” katanya.

Rentanubun berharap agar lembaga pendidikan di Gereja Protestan Maluku dapat lebih tumbuh dan berkembang kedepan dengan lebih baik. Selain itu makna dari penthabisan Gereja Maranatha Jemaat GPM Ohoirenan pada dasarnya panggilan gereja dibagi menjadi dua bagian yang besar, yakni panggilan kedalam dan panggilan keluar.

“Panggilan kedalam yaitu membangun kualitas iman jemaat melalui kegiatan pembinaan yang akan menghasilkan orang yang hidupnya berkenan dengan Kristus dan mengenal Tuhan secara benar. Sedangkan panggilan keluar adalah secara lembaga maupun bersama jemaat membawa berita Injil Allah kepada orang yang belum mengenal Tuhan agar mrk pun memperoleh keselamatan,” tandasnya.

Dijelaskan Rentanubun, Gereja harus menjadi jawaban, orang kristen ke gereja harus mendapat sesuatu yang tidak diperoleh dari dunia ini. Gereja harus menyalurkan kuasa Allah yang menjadi model orang percaya untuk berperang melawan kuasa-kuasa kegelapan duniawi. Orang kristen memerlukan kekuatan khusus untuk hidup beriman dalam kebenaran dan damai.

“Untuk itu Gereja harus makin bergantung pada kebajikan Tuhan yang mengadakan dan yang punya gereja, dan kuncinya berada pada relasi para pimpinannya dengan Tuhan yang adalah sumber hikmat dan kuasa. Gereja harus menjadi tanda keselamatan dan damai,” imbuhnya.

Rentanubun katakan, bahwa hakekat orang Kristen adalah orang kristen yang bila bertemu sesama orang percaya dia berperan sebagai guru yang tidak menggurui, nabi yang tidak mempermalukan, dan gembala yang meneguhkan, dan bila berada di tempat umum mempunyai kesadaran yang kuat atas panggilannya sebagai saksi pembawa citra Allah dan pembawa kabar sukacita yang datang dari Kristus.

“Untuk apa gereja yang megah, tapi jemaatnya tidak bersekutu ? Gereja adalah tempat persekutuan, bersaksi, dan melayani dunia milik Allah, Jemaat GPM Ohoirenan telah memiliki semua itu, sebuah gedung gereja yang representatif, namun yang terpenting dari semua itu adalah persekutuan,” tegasnya.

Rentanubun menambahkan, Pemerintah Daerah Maluku Tenggara memberikan perhatian yang sangat serius bagi perkembangan iman umat di bumi Larwul Ngabal.

“Semua umat beriman, baik Islam, Protestan, Katolik, Hindu atau kepercayaan apapun yang dianutnya adalah pemilik Maluku Tenggara. Semua punya hak yang sama di Maluku Tenggara, semuanya juga punya kewajiban yang sama untuk memelihara, membangun dan membesarkan Maluku Tenggara,” pungkasnya.
(MP-15)


Demikianlah Artikel Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan

Sekianlah artikel Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gereja Maranatha Ohoirenan Diresmikan dan Ditahbiskan dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2016/12/gereja-maranatha-ohoirenan-diresmikan.html

Subscribe to receive free email updates: