Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya

Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya - Hallo sahabat PORTAL PIYUNGAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Bone, Artikel Daerah, Artikel Hari Ini, Artikel Indonesia, Artikel Kabar, Artikel Ragam, Artikel Terkini, Artikel Update, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya
link : Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya

Baca juga


Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya

BONEPOS, BONE - Perkembangan olahraga di Kabupaten Bone, tidak kalah berkembangnya dengan daerah lain di Sulawesi Selatan. Salah satu olahraga yang lagi berkambang saat ini adalah gateball. Keunikan dari olahraga ini yakni tidak membutuhkan ketangguhan fisik, tetapi lebih kepada adu strategi.

Bertempat di Lapangan Gor Lapatau Matanna Tikka, Jalan Reformasi Watampone, Minggu, 26 Februari 2017, pengurus Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sulawesi Selatan, terlihat tengah mensosialisasikan olahraga baru ini.

Meski terhitung cabang olahraga yang baru di Bone, namun Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bone, Andi Akbar serta pengurus Pergatsi Bone segera mencari bibit muda yang bisa dipersiapkan diikutkan dalam Kejurnas di Makassar, dan PORDA XVI-2018 di Pinrang nanti.

Sekilas tentang Gateball, olahraga ini dicetuskan oleh Eiji Suzuki di Hokaido Jepang pada tahun 1947 dan diperkenalkan di Indonesia, pertama kali oleh turis Jepang yang berlibur ke Pulau Bali. Di Pulau Dewata, para turis asal negeri Sakura memperkenalkan olahraga ini ke masyarakat.

Olahraga yang ngetren di Bali itu, kemudian di sosialisasikan lebih luas lagi oleh Menteri Pekerjaan Umum, Joko Kirmanto, dimana sebelumnya dia datang ke Bali dan bertukar cerita dengan masyarakat terkait olahraga Gateball, hingga akhirnya dibentuklah Pergatsi.

Untuk klasifikasinya sendiri, Gateball dikatakan sebagai olahraga rekreasi, dan masuk dalam anggota Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi), sedangkan untuk tingkat dunia organisasi induknya adalah Gateall Union.

Gateball termasuk olahraga yang unik, dimana olahraga ini dimainkan dengan cara beregu di atas sebidang tanah empat persegi panjang dengan ukuran lebar 15 m dan panjang 20 m. Olahraga ini dimainkan dengan menggunakan alat pemukul (stick) menyerupai stick golf hanya berbentuk palu dan dimainkan oleh 2 tim yang saling berlawanan.

Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain dan masing-masing memegang 1 bola. Target setiap tim atau pemain yakni memasukkan bola ke 3 gawang kecil dan mengenai pin (goal pole) selama 30 (tiga puluh) menit.

Dalam proses pencapaian target dimungkinkan mendapat hambatan dari lawan maupun bantuan dari kawan satu tim. Pemenang ditentukan oleh perolehan poin, jika bola masuk ke setiap gawang mendapat 1 poin, dan sampai gawang ketiga mendapat 3 poin.

Terakhir jika bola mengenai pin pemain akan mendapatkan 2 poin. Jadi setiap pemain maksimal mendapatkan 5 poin. Nah bagi tim yang mampu mengumpulkan poin yang lebih banyak maka dialah pemenangnya.

Pengurus Pergatsi Sulawesi Selatan bersama pengurus Pergatsi Bone memainkan olahraga Gateball. (BONEPOS/ILHAM).
 

PEWARTA : ILHAM ISKANDAR
EDITOR : JUMARDI
COPYRIGHT © BONEPOS 2017


Demikianlah Artikel Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya

Sekianlah artikel Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Olahraga Gateball Hadir di Bone, Begini Cara Memainkannya dengan alamat link https://dportalpiyungan.blogspot.com/2017/02/olahraga-gateball-hadir-di-bone-begini.html

Subscribe to receive free email updates: